Kamis, 15 Maret 2012
· DEFINISI STAFF
Staff adalah orang memahami visi dan misi organisasi, memiliki wawasan yang luas, berfikir sistemik, menguasai berbagai teknik pemecahan masalah, memiliki human skill yang baik, memiliki kemampuan teknis di bidangnya serta memiliki integritas dan etika kerja yang baik, yang diangkat atau ditunjuk oleh pimpinan untuk membantu pekerjaan pimpinan sesuai dengan keahliannya untuk melaksanakan suatu tugas yang di-bebankan kepadanya.
· FUNGSI STAFF
Menurut sumber yang saya baca bidang yang di layani staf dibagi menurut fungsi-fungsi yang ada di perusahaan, seperti staf personalia, staf pengembangan, staf perencanaan, staf pemasaran .
Fungsi utama staf adalah meringankan beban pekerjaan pimpinan terutama dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam organisasi , Membantu pimpinan dalam mencari jalan tengah atau dalam hal ini memutuskan sebuah masalah untuk dicari sebuah penyelesaiannya .
· MACAM – MACAM STAFF
Staf Penasihat
Dalam hal ini staf penasihat bisa juga disebut sebagai staf pertimbangan. Fungsi utama staf penasihat ialah, sebagai pemikir bagi pimpinan, melakukan kegiatan-kegiatan berdasarkan keahlian yang dimilikinya. Dan juga staf penasihat berhak memberikan saran–saran kepada pimpinan terhadap yang menjadi tugas dan tanggung jawab pimpinan. Agar saran-saran yang diberikan kepada pimpinan merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti kebenarannya, maka saran-saran itu harus digarap melalui suatu proses. Proses pemberian saran tersebut melalui kegiatan sebagai berikut :
o Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengadakan penelitian atau riset.
o Mengadakan analisis fakta-fakta, informasi-informasi yang diterima.
o Mengadakan evaluasi atau penilaian.
o Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan.
o Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling baik.
o Membuat kesimpulan.
o Merumuskan saran-saran atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu bentuk tertentu sehingga mudah dan cepat dipahami oleh pimpinan.
Dalam hal ini staff penasihat dapat dikembangkan menjadi beberapa staf lain, antara lain ialah:
o Staf perencanaan (planning staff ) yang bertugas memberikan saran-saran dalam penyusunan sebuah rencana, baik rencana pengembangan organisasi, maupun rencana penetapan suatu kebijaksanaan.
o Staf peengorganisasian (organization staff ) yang bertugas memberikan saran dalam bidang organisasi dan pengorganisasian.
o Staf pembinaan (motivating staff ) yang bertugas memberikan saran mengenai metode dan system pembinaan dan pengembangan pegawai.
o Staf pngawasan (controlling staff ) bertugas memberikan saran kepada manajer tentang pelaksanaan dan mekanisme system pengawasan yang efektif.
o Staf pengambilan keputusan (decision making staff ) yang bertugas memberikan saran-saran, dan mempersiapkan data-data yang diperlukan untuk pembuatan keputusan.
Staf Pelayanan
Staf pelayanan mempunyai beberapa istilah, seperti service staff, auxiliary staff, housekeeping staff, dan ada pula yang menyebutnya dengan special staff. Fungsi utama staf pelayanan adalah membantu pimpinan dalam melancarkan tugas-tugas organisasi, dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, tetapi staf pelayanan tidak mempunyai kapasitas dalam memberikan saran atau pertimbangan.
Disamping kedua staf ini ada juga yang disebut dengan staf pribadi. Staf pribadi ialah staf yang secara perseorangan bertindak sebagai penasihat pimpinan. Staf pribadi terdiri dari orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda, dan juga mereka secara perseorangan memberikan saran dan bertanggung jawab langsung kepada pimpinan sesuai dengan bidang keahlian mereka masing-masing.
· PERANAN STAFF
Telah dikemukakan bahwa staff ada dua kelompok tenaga kerja. Kelompok pertama adalah mereka yang tugas utamanya bersifat menterjemahkan tugas pokok menjadi aktivitas, sedang di pihak lain terdapat mereka yang tugasnya melakukan kegiatan-kegiatan penunjang demi lancarnya roda organisasi dan mekanisme kerjasama yang harmonis, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Kedua kelompok ini mempunyai peranan penting dalam merealisasi tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Sepintas lalu kelihatan seolah-olah karyawan lini lebih penting karena tugas meraka yang utama melaksanakan aktivitas penting untuk merealisasi tujuan. Malah dianggap kadang-kadang bahwa tanpa karyawan staff tujuan dapat juga direalisasi. Pandangan ini terutama dalam organisasi modern kurang tepat, walaupun sifat aktivitas karyawan staff sebagai penunjang kegiatan yang dilakukan olah karyawan lini, akan tetapi peranan mereka dalam menciptakan efektivitas dan efisiensi sangat penting. Dengan bantuan karyawan staff organisasi dapat mendayagunakan resources yang dimiliki perusahaan secara optimum, karena mereka dapat melihat berbagai kemungkinan, pendidikan dan pengalaman mereka memungkinkan memilih kesempatan yang terbaik.
Sumber :
http://dianulumia.blogspot.com/2012/03/peranan-staf-dalam-organisasi.html
http://dimasamiluhur.blogspot.com/2012/03/peranan-staf-dalam-organisasi.html
http://www.slideshare.net/Hennov/kepemimpinan-dalam-organisasi-publikhttp://cokroaminoto.blogetery.com/2010/03/11/kepemimpinan-dalam-organisasi-6/
http://viyan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15113/2_WEWENANG,+DELEGASI+DAN+DESENTRALISASI.pdf
waktu :
selasa 6 maret 2012 pukul 23.01
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar